Sunday, May 24, 2009

BAB I



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Ilmu Akuntansi yang berkembang di era globalisasi seperti sekarang ini dirasakan telah memberikan berbagai manfaat yang sangat berguna bagi perusahaan. Semua perusahaan baik perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dagang, dan industri akan berjalan baik, jika manajemen memperoleh informasi yang dapat dipercaya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Khusus perusahaan industri yang baru berkembang dalam pelaksanaan kegiatan usahanya tentu akan mengolah bahan baku menjadi barang jadi sehingga menyebabkan volume produksipun meningkat dan memungkinkan akan terjadi masalah dalam hal proses produksi sampai memperoleh barang jadi, maka manajemen semakin dituntut untuk mampu mengatasi aneka ragam masalah yang akan dihadapi.
Permasalahan yang dihadapi pada perusahaan industri tak kan lepas dari proses pengelolaan pesanan (order), produksi barang, dan penentuan harga pokok produksi sebagai acuan penetapan harga jual berdasarkan persentase laba yang diinginkan. Untuk pengelolaan bukti serta formulir dalam pesanan (order), pihak manajeman harus mampu mengelola dengan benar dan dengan waktu yang singkat untuk menyelesaikannya dan juga untuk penentuan harga dan perhitungan biaya yang akan dikeluarkan harus yang terhitung dengan benar dan terpercaya dengan adanya bukti transaksi pengeluaran biaya.
Melihat permasalah tersebut di atas, maka cara yang tepat dan efisien adalah dengan menerapkan pencatatan dan perhitungan secara komputerisasi dengan menggunakan perangkat lunak (software) yang dapat dioperasikan dengan mudah, memiliki kapasitas yang besar, tepat, dan dapat memperoleh hasil (output) yang diinginkan sehingga dapat diakses kapan saja saat informasi tersebut diperlukan.
Kecanggihan teknologi informasi yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses pesanan dan produksi dalam usaha industri seharusnya dapat diaplikasikan oleh perusahaan industri. Salah satunya adalah perusahaan industri percetakkan dan pengadaan barang yaitu CV. Karya Bangun Wahana, Tangerang merupakan perusahaan percetakkan yang cukup besar dan terkenal di Kota Tangerang yang masih menggunakan sistem manual namun belum sesuai dengan PABU (peraturan akuntansi yang berlaku umum) dalam mengelola pesanan barang dan proses produksinya. Hal ini kurang efektif mengingat barang-barang yang dipesan sangat banyak dengan berbagai jenis pesanan dan pengadaan barang oleh banyak instansi serta perusahaan.
Hal tersebut tentunya menjadi salah satu kendala bagi perkembangan usaha industri CV. Karya Bangun Wahana guna membantu kelancaran dan pengelolaan usahanya, maka penulis membuat suatu program aplikasi yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam proses pesanan dan perhitungan harga pokok produksi serta penyajian pelaporan harga pokok produksi sehingga dapat menyajikan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh pimpinan perasahaan untuk mengambil kebijakan.
Bertitik tolak dari permasalahan tersebut di atas, maka penulis mengambil judul Proyek Akhir ini yaitu

“APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BIAYA DENGAN METODE PESANAN PADA CV. KARYA BANGUN WAHANA, TANGERANG.”


1.2. Identifikasi Masalah
Dalam proyek akhir ini penulis mengangkat permasalahan mengenai penyelesaian siklus akuntansi perusahaan manufaktur di CV. Karya Bangun Wahana, tetapi penulis membatasi permasalahan dalam ruang lingkup :
1. Pengelolaan Order dari Pelanggan
2. Pengklasifikasian biaya-biaya produksi untuk pesanan
3. Pencatatan dan perhitungan Harga Pokok Pesanan
4. Pelaporan Harga Pokok Produksi

2. Perumusan Masalah
Tujuan utama suatu perusahaan yaitu memperoleh pesanan (order) yang banyak sehingga memperoleh keuntungan yang besar dan untuk merealisasikannya diperlukan penekanan biaya produksi sesuai kebutuhan, oleh karena itu diperlukan suatu metode akuntansi yang dapat menghasilkan informasi akuntansi, khususnya pengelolaan pesanan dan Akuntansi Biaya. Berdasarkan uraian masalah diatas, maka dapat diidentifikasikan pokok-pokok masalahnya yaitu sebagai berikut:
1. Apakah perusahaan telah menerapkan metode Job Order Costing dengan baik?
2. Bagaimana perusahaan mengelola proses pesanan dan menetukan Harga Pokok Pesanan sebagai dasar harga jual pesanan?
3. Apakah perusahaan memiliki laporan harga pokok produksi untuk pesanan yang dihasilkan sebagai acuan dalam pembuatan laporan laba rugi?




1.3. Batasan Masalah
Permasalahan yang akan dibahas dalam Proyek Akhir ini dibatasi pada hal-hal berikut ini :
1. Merancang program aplikasi “Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan” pada CV. Karya Bangun Wahana sesuai dengan prosedur yang telah berjalan pada CV. Karya Bangun Wahana.
2. Membuat program aplikasi “Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan” berbasis komputerisasi sehingga hasil perhitungan harga pokok produksi dapat terjamin keakuratannya.
3. Membuat laporan harga pokok produksi dan laporan laba/rugi tiap periode sebagai Output yang akan dihasilkan dari program aplikasi “Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan” yang dibuat.

1.4. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
Tujuan dari proyek akhir ini adalah :
1. Membuat aplikasi sistem informasi akuntansi biaya yang meliputi pengelolaan bukti saat terjadi order sampai penyajian laporan harga pokok produksi.
2. Untuk mengetahui lebih dalam tentang penerapan program aplikasi sistem informasi akuntansi biaya dengan database Microsoft Access 2007, program Visual Basic, dan pelaporan Cristal Report.
3. Untuk mengetahui keberhasilan penerapan program aplikasi yang dibuat untuk dimanfaatkan oleh pimpinan CV. Karya Bangun Wahana.

Adapun manfaat dari penelitian Proyek Akhir ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi penulis, Dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai sebuah aplikasi “Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan” pada usaha percetakan dan kemudahan yang bisa diperoleh dengan semua fasiltas-fasilitas yang telah disediakan
2. Bagi pembaca, selain dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai sebuah program aplikasi aplikasi “Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan”, penelitian ini juga dapat digunakan sebagai referensi dalam mengembangkan sebuah penelitian lebih lanjut mengenai program aplikasi aplikasi “Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan” yang serupa maupun aplikasi aplikasi Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan yang lain.
3. Bagi perusahaan (CV. Karya Bangun Wahana), diharapkan hasil penelitian berupa program aplikasi aplikasi “Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan” ini dapat diaplikasikan sehingga pencatatan pesanan dan penentuan biaya untuk harga pokok pesanan dapat dilakukan dengan cepat dan dengan hasil perhitungan yang tepat, disamping itu perhitungan Harga pokok produksi dan Laba/Rugi usaha juga dapat dilakukan dengan mudah.
4. Bagi pihak institusi pendidikan, baik P4TK Bisnis dan Pariwisata maupun Politeknik TEDC Bandung, penelitian ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Diplama IV. Di samping itu hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai referensi untuk kepentingan pelaksanaan program pendidikan Diploma IV selanjutnya.


1.5. Metodologi Penelitian
Dalam menyelesaikan Proyek Akhir ini, perlu dilakukan beberapa penelitian sehingga didapat sejumlah informasi serta data-data yang dibutuhkan. Adapun metode penelitian yang dilakukan antara lain, sebagai berikut :

1. Metodologi Pengumpulan Data Dan Informasi
a. Observasi
Melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian mengenai kegiatan yang dilaksanakan
b. Wawancara ( interview )
Melakukan tanya jawab atau wawancara dengan beberapa pihak yang bersangkutan. Dalam teknik wawancara ini penulis berperan sebagai pewawancara, sedangkan sumbernya adalah pihak terkait yang berwenang.
c. Penelitian Pustaka
Kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh landasan teori dari beberapa pustaka yang terkait terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Kegiatan penelitian ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan tentang konsep dasar sistem aplikasi.

2. Metodologi Perancangan Sistem
Metodologi merupakan kesatuan dari metode-metode atau aturan pekerjaan yang digunakan oleh suatu ilmu pengetahuan. Sedangkan metode adalah suatu cara atau teknik yang sistematik untuk mengerjakan sesuatu. Untuk merancang suatu aplikasi diperlukan suatu metode yaitu paradigma waterfall yang terdiri dari 5 tahap, yang tersusun dari atas kebawah, diantaranya yaitu: Analisis, Desain, Pengkodean, Testing, dan Implementasi. Dimana tujuan dari metode ini agar pengembangan sistem yang dilakukan lebih sistematis dan terurut serta selalu ada pendokumentasian pada setiap langkahnya.

1.6. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan Proyek Akhir merupakan penjelasan rinci dari isi setiap bab yang dijelaskan dalam Proyek Akhir ini. Sistematika penulisan Proyek Akhir ini yaitu:
BAB I Berisi Pendahuluan yang menjelaskan latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, serta sistematika penulisan.
BAB II Berisi tinjauan pusataka yang menjelaskan teori-teori yang dijadikan acuan bagi penulis dalam menyusun Proyek Akhir yaitu bagaimana pembuatan program apliksi aplikasi “Akuntansi Biaya dengan Metode Pesanan” dengan menggunakan Visual Basic 6.0 untuk pembuatan program, Database Microsoft Access 2007, serta Crystal Report 8.5 untuk pembuatan laporan.
BAB III Berisi Analisa dan Perancangan Sistem, menjelaskan gambaran umum obyek penelitian serta bagaimana sistem yang sedang berjalan. Berdasarkan informasi ini disusunlah sebuah rancangan sistem baru berbasis komputerisasi yang akan diusulkan untuk diimplementasikan pada objek penelitian yang bersangkutan.
BAB IV Berisi hasil dan pembahasan yaitu menjelaskan secara detail hasil dari sistem yang dibuat serta bagaimana implementasi dan pengujian dari sistem tersebut.
BAB V Berisi kesimpulan dari hasil penelitian yaitu ringkasan dari tinjauan teori dan praktek yang terjadi, serta sistem yang diusulkan pada CV. Karya Bangun Wahana dan saran-saran dari hasil penelitian.

No comments: