Sunday, October 19, 2008

PengeN Jadi GuRu PRofeSioNaL



Setelah selesai menjalani pendidikan D3 Guru Kejuruan selama 2 ½ tahun (Des’05 s.d. Juni’08) di P4TK Bisnis dan Pariwisata Jakarta, akhirnya kembali ke daerah (Kota Palu) untuk melaksanakan tugas mengajar di SMKN 2 Palu.
Alhamdulillah sekolah juga membutuhkan tenaga pengajar dan saat ini saya mendapat jam untuk mengajar pelajaran KKPI Kelas 1,2,3 dan Komputer Akuntansi kelas 2. Sedangkan di SMK 1 PGRI Palu mendapat tawaran ngajar Akuntansi Kelas 1.
Dengan bekal pendidikan yang diperoleh saya sangat berharap bisa menjadi guru yang profesional, minimal apa yang saya ajarkan ke siswa dapat dipahami dan dimanfaatkan tentunya.
Pekerjaan mengajar alias guru saat sekarang ini sedang menjadi perhatian pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas belajar dan mengajar, sehingga kesejahteraan guru akan ditingkatkan dengan adanya sertifikasi guru. Oleh karena itu pekerjaan guru sekarang adalah suatu profesi yang nantinya akan dinilai dengan suatu sertifikat profesi dengan melalui berbagai macam kriteria penilaian. Yang berhasil memenuhi kriteria tersebut tentunya sudah menjadi guru yang bersertifikat profesi.
Nah...sekarang ini,,, para guru bantu, honor, dan yang baru menjadi guru harus bisa bersabar untuk mencapai sertifikasi guru tersebut. Bagi saya (sebagai guru baru juga) hanya tetap bersabar yang penting segala pekerjaan yang diraih dapat kita nikmati tanpa ada keluhan tentunya gaji guru honor buat guru honor. Yah, dengan honor yang tdk begitu besar tiap jam harus tetap disyukuri. Insya Allah honor diakhirat berkali lipat ganda dibandingkan honor yang dijperoleh sekarang... Intinya sabar aja.
Guru adalah pekerjaan yang mulia yang harus dijalani dengan tulus ikhlas dan harus dinikmati biar semua kesusahan dan kesulitan terasa tidak menjadi beban.
Untuk seorang guru, saat mengajar dan tampil di depan kelas adalah hal yang sangat membanggakan karena dari sekian banyak siswa yang ada di kelas, guru adalah pusat perhatian dgn berdiri di depan sambil menjelaskan pelajaran, ilmu, hal-hal baru yang belum diketahuinya.

Nich foto saat ngasih ujian KKPI ”Mengetik 10 Jari” di kelas 1 ak.1 :

2 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.